Membuat ShortLink Sendiri

Membuat ShortLink Sendiri - Shortener link atau ShortLink (url) merupakan sebuah web yang bisa digunakan untuk membuat alamat asli/link asli yang semula panjang menjadi lebih pendek dan singkat.

ShortLink sangat berbeda dengan Safelink karena shortlink tidak mengganakan sutem encode/decode juga link yang dihasilkan lebih singkat. ShortLink juga berguna untuk memudahkan proses berbagi alamat web dengan orang lain karena lebih singkat sehingga mudah untuk diingat.Ada banyak layanan URL Shortener (ShortLink) gratis, bahkan beberapa diantaranya memberi bayaran bagi para penggunanya. Pemendek URL memiliki 2 jenis.

Berikut adalah jenis Short URL secara umum

1. No Ads Shortener Link (Redirect Shortlink)

Short link yang tidak menampilkan iklan, juga bersifat redirect link, artinya link akan langsung dialihkan menuju ke link asli. Contoh Short URL yang tidak mengandung iklan:

  1. Goo.gl (disable)
  2. Bit.ly
  3. Smarturl.it

2. Ads Shortener Link

Shortlink jenis ini banyak digunakan untuk menambah penghasilan, selain berfungsi untuk menyembunyikan link asli juga memberikan bayaran untuk setiap view karena memuat konten iklan. Contoh Short URL dengan iklan:

  1. Adf.ly
  2. Shorte.st
  3. Ouo.io
  4. Linkshrink

Membuat ShortLink Dengan Domain Sendiri

Cara membuat short URL dengan menggunakan coding PHP sudah sanggat banyak tutorial yang dapat dipelajari, terlebih sekarang ada banyak sekali script gratis nya yang sudah ada di google. Sebagai contohnya ini ShortLink hasil buatan saya X.Marwanto606.Com menggunakan api shortener url google, jadi link akan dipindai langsung oleh google.

Kelebihan membuat shortlink dengan coding php maka kita bisa menampilkan iklan Adense, adreactor, propellerads, dll kita sendiri kedalamnya.

Atau jika kalian bisa sedikit coding tentang script kalian bisa mengembangkan script open source shortlink YOURLS (Your Own URL Shortener) silahkan kalian lihat disini dengan fitur yang lumayan bagus namun kalian memerlukan domain dan hosting untuk menjalankan script YOURLS ini.

Selain membuat secara manual, ada banyak layanan URL Shortener yang mendukung fitur custom domain. Syarat untuk melakukan custom domain kalian tinggal menyiapkan domain / sub-domain untuk digunakan sebagai Short link. Berikut daftar layanan Short URL yang mendukung fitur custom domain:

1. Rebrandly

Shortener URL dari Rebrandly bisa digunakan secara gratis serta mendukung fitur custom domain. kalian tinggal siapkan domain nya saja

2. Bit.ly

Bit.ly merupakan Shortener URL yang cukup lama, dan sudah digunakan oleh banyak orang. Tidak jauh berbeda dengan layanan Rebrandly, Bit.ly juga menyediakan fitur custom domain secara gratis.

Membuat ShortLink di WordPress

Membuat shortner link di WordPress sangat mudah, karena sudah ada banyak plugin yang bisa dimanfaatkan untuk membuat Short URL tanpa harus melakukan coding.

Berikut plugin Shortner URL WordPress gratis:

1. Pretty links

2. Yourls Link Creator

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url