Plugin WordPress Yang Wajib Dipasang

Plugin WordPress Yang Wajib Dipasang - Plugin adalah semacam fungsi atau fitur tambahan yang bisa digabungkan ke sebuah sistem untuk menambah kemampuan dan kinerja dari sistem tersebut agar semakin optimal. Ada lebih dari 40ribu plugin wordPress yang bisa kita pasang untuk mengoptimalkan kinerja dari situs wp yang kita kelola.

berbada dengan blogspot ataupun wordpress.com, wordpress selfhosted(hosting sendiri) kita dapat menginstallkan bermacam plugin yang sudah tersedia Plugin ini memiliki bermacam fungsi dan kegunaanya masaing-masing ada yang berfungsi untuk meningkantan kecepatan wp ataupun untuk menganalisis seo yang ada pada artikel dan bermacam lainnya.

Namun karena plugin ini sangat banyak dan tak jarang memiliki fitur yang sama, maka kalian yang mempunyai wp selfhost lebih menseleksi lagi plugin yang ingin kalian pasangan pada wp .

Berikut ini beberapa plugin yang wajib kalian pasang pada wp kalian

Plugin Hapus komentar spam

Akismet - Akismet merupakan plugin gratis yang biasanya sudah langsung terpasang ketika WordPress kalian baru diinstall. plugin ini sangat berguna untuk menghapus komentar spam secara otomatis. (saya pakai)

Plugin cache

W3 Total Cache - plugin cache gratis dengan fitur mendukung CDN, minify, dan GZIP

WP Super Cache - plugin cache gratis yang sangat simple dalam pengaturannya dan memiliki fitur cache yang cukup lengkap (saya pakai)

Plugin backup :

UpdraftPlus - plugin backup gratis yang fiturnya paling lengkap. bisa menjadwalkan backup secara otomatis, kemudian filenya dikirim ke filehost seperti Dropbox, Google Drive, dan sebagainya. (saya pakai)

Plugin multi fungsi

Jetpack - jatpack merupakan plugin wp yang memiliki banyak fitur dari mulai melihat analistic situs wp, keamanan mencegah brute force, membuat form, pengoptimalan gambar pada wp, dll (saya pakai)

Plugin optimasi seo

Yoast SEO - yoast seo memiliki fitur yang cukup lengkap untuk meningkatkan opltimasi seo pada wp dan cukup mudah untuk digunaan (saya pakai)

All-in-one SEO Pack - plugin optimasi seo ini cukup bagus Kalau anda masih pemula dengan SEO, Yoast mungkin lebih bagus karena terdapat skor penilaian untuk konten. Sedangkan kalau anda sudah paham dengan SEO dan ingin plugin yang lebih sederhana, bisa coba plugin ini.

Plugin social share

AddThis - AddThis merupakan plugin social sharing gratis dengan fitur lengkap dan desain keren.

SumoMe - SumoMe adalah plugin social share yang meskipun desainnya tidak banyak, tapi fitur SumoMe cukup lengkap.

Itulah beberapa plugin yang mungkin dapat alian jadikan refrensi untuk kalian pasangkan pada wp selfhosted kalian. Tentunya semua dapat kalian sesuaikan sendiri sesuai dengan keinginan kalian. Barangkali ada plugin andalan kalian yang ingin di share, silahkan isikan di kolom komentar ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url